Selasa, 21 Maret 2017

Buah-Buahan Yang Lezat Untuk Kesehatan Anak




Bukan hanya bisa menyehatkan tubuh, buah-buhan dan sayuran yang baik untuk kesehatan anak juga merupakan salah satu jenis makanan yang menyegarkan serta kaya akan vitamin. Beragam macam manfaat dari buah-buhan bisa Anda rasakan jika dikonsumsi secara teratur. Selain itu, buhan-buhan juga bisa membantu tumbuh kembang anak, bahkan tidak akan menyebabkan efek samping yang serius jika di konsumsi oleh anak.
Faktanya, manfaat buah-buhan sangat dibutuhkan oleh tubuh, baik orang dewasa maupun anak-anak. Akan tetapi, bagi anak-anak disarankan untuk mengkonsumsi sejumlah buah-buhan di bawah ini, karena memiliki kandungan gizi yang bisa membantu pertumbuhan si kecil. Berikut ini beberapa jenis buah yang cocok di konsumsi oleh anak, yaitu sebagai berikut:
  1. Pisang


Pisang, merupakan jenis buah yang sudah akrab di kalangan masyarakat, selain harganya yang murah, buah pisang juga memiliki kandungan gizi yang sangat bagus, bahkan manfaat buah pisang ini bisa dirasakan oleh si kecil karena memiliki kandungan vitamin B2, B6 dan vitamin C, zat besi, magnesium, kalsium, selenium serta mineral yang mana merupakan zat besi yang sangatlah baik untuk pertumbuhan otak si kecil.
  1. Pepaya

Pepaya merupakan salah satu jenis buah-buahan yang dapat kita jumpai dinegeri sendiri. Pepaya merupakan jenis buah yang tumbuh didaerah tropis. Dibalik rasa manis pada buah pepaya, banyak memiliki khasiat untuk kesehatan, terutama kesehatan untuk anak.Kandungan nutrisi pada buah pepaya yaitu betakarotin yang menjadikan warna orange pada daging buah pepaya yang sudah matang, betakarotin berguna sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem imun dan radikal bebas pada tubuh anak. Buah pepaya berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan anak ialah dengan mengunakan daun, caranya ialah dengan menghaluskan daun papaya, kemudian tambahkan sedikit garam dan berikan pada anak. Berikut beberapa khasiat dari buah pepaya untuk kesehatan anak :
1.      Meningkatkan Nafsu Makan
Khasiat buah pepaya untuk anak ialah utnuk meningkatkan nafsu makan. Untuk membuat ramuan untuk penambah nafsu makan anak yaitu dengan mengunakan daun pepaya.
2.      Mengatasi Masalah Sistem Pencernaan Anak
Khasiat pepaya yaitu untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan anak. Buah pepaya dapat dijadikan obat alami untuk mengatasi buang air besar pada anak. Berikanlah anak buah pepaya matang pada anak sebanyak 3 kali dalam sehari untuk memperlancar sistem pencernaan pada anak yang terganggu.
3.      Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan betakarotin pada buah pepaya berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata anak. Maka dari itu berikan buah pepaya secara rutin pada anak untuk menjaga ketajaman penglihatannya.
4.      Mengobati Diare
Buah pepaya sangat efektif untuk mengobati diare pada anak. Didalam hal ini bisa menggunakan buah pepaya untuk dikonsumsi langsung oleh anak atau bisa dijadikan ramuan dari bagian bijinya.
5.      Meredakan Flu
Dalam meredakan flu pada anak sebenarnya tidak perlu menggunakan obat-obatan kimia. Orang tua juga dapat menggunakan buah pepaya untuk meredakan flu pada anak
  1. Pir
  

Buah pir merupakan jenis buah yang memiliki rasa manis yang mana memiliki kandungan gula fruktosa serta glukosa. Bukan hanya itu, buah pir juga baik di konsumsi karena memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, kalium dan masih banyak lagi kandungan vitamin yang ada di dalam buah pir, sehingga baik untuk di konsumsi si kecil guna membantu pertumbuhan si kecil. Buah pir juga baik digunakan untuk mengatasi sembelit yang di alami oleh si kecil.


  1. Apel

Buah apel merupakan jenis buah yang baik di konsumsi oleh anak. Ada beberapa kandungan yang sangat penting di butuhkan oleh anak, seperti antioksidan, vitamin A, C, E, Folat, mineral kalium, kalsium, fosfor, serta sejumlah mineral lainnya. Buah apel mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk memberikan efek bagi kesehatan tubuh anak. Buah apel juga bermanfaat untuk kesehatan gigi anak. Perhatikan kesehatan gigi pada anak sejak dini adalah hal penting yang harus dilakukan oleh para orang tua. Tidak saja sebatas mengajarkan bagaimana cara membersihkan gigi pada anak, namun juga perhatikan makanan yang dikomsumsi oleh anak.
  1. Alpukat

Alpukat juga baik di konsumsi anak untuk membantu tumbuh kembang anak, karena di dalam buah alpukat memiliki sejumlah kandungan yang penting untuk kesehatan anak. Vitamin yang terkandung didalam buah alpukat ialah Vitamin B komplek untuk meningkatkan kesehatan sel dan perkembangan jaringan pada anak. Kandungan pada buah alpukat dapat berupa Lutein, Magnesium, Riboflavin ( vitamin B2 ), Niasin ( vitamin B3 ),Vitamin B5, Vitamin K, Vitamin C, VitaminE, Kalium, dan Zat besi.
  1. Jeruk Baby

 Jeruk baby memiliki kandungan anti oksidan dan bisa membantu melindungi kulit bayi dari bahaya kerusakan karena radikal bebas. Jeruk baby mengandung Vitamin C  yang berguna untuk menurunkan resiko seseorang yang terkena kanker usus besar. Vitamin C juga sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak dan cocok untuk menangkal flu serta mencegah terjadinya infeksi pada bagian telinga secara terulang. Pada jeruk baby juga memiliki kandungan beta cryptoxanthin yang berguna untuk menurunkan resiko terserang gangguan kanker paru-paru. Jeruk baby juga memiliki kaya serat yang bermanfaat untuk mencegah diabetes pada anak, karena jeruk baby memiliki kandungan serat yang tinggi
Jika di lihat dari beberapa jenis jeruk, jeruk yang paling cocok diberikan kepada si kecil yaitu jeruk baby.Bukan hanya rasanya yang manis yang cocok di konsumsi oleh si kecil, namun kandungan yang ada di dalam jeruk ini juga sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang anak.


1 komentar:

  1. Silver Sledgehammer - Stainless Steel - TITIAN ART
    Silver rocket league titanium white octane Sledgehammer. This stainless steel titanium piercings blade provides exceptional depth and titanium vs stainless steel apple watch precision with the long-lasting use of the 2020 ford edge titanium for sale stainless steel blades titanium studs for your $49.99 · ‎In stock

    BalasHapus