Rabu, 22 Maret 2017

Sayuran Yang Baik Untuk Kesehatan Anak



Sayuran dan manfaat ikan laut untuk kesehatan anak merupakan salah satu jenis makanan yang sangat kaya akan nutrisi. Sayuran kaya akan antioksidan, sumber serat yang alami, sumber vitamin dan mineral serta rendah lemak. Mengonsumsi sayuran merupakan hal yang sangat penting bagi anak yang bermanfaat umtuk menjaga kesehatan tubuhnya. Manfaat dari mengonsumsi sayuran adalah menurunkan resiko penyakit yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh anak. Semakin banyak anak mengonsumsi sayuran maka kemampuan tubuh anak akan semakin kuat dalam menangkal berbagai serangan penyakit.
Sayuran mengandung berbagai vitamin serta mineral yang di butuhkan untuk pertumbuhan anak-anak, dan sayuran bisa menjadi menu makanan yang sehat untuk anak. Menanamkan kebiasaan makan sayuran pada anak sejak dini penting untuk dilakukan oleh paranorang tua supaya kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhan anak tercukupi.

Manfaat vitamin yang terkandung dalam sayuran
  • Sayuran mengandung vitamin B kompleks yang berguna untuk membantu proses metabolisme dalam pembentukan sel darah merah, menjaga sistem syaraf dan meningkatkan nafsu makan pada anak.
  • Vitamin C yang terdapat dalam sayuran berperan dalam memelihara kesehatan gigi, kulit, tulang dan otot.
  • Vitamin E yang terkandung dalam sayuran berwarna hijau berguna untuk menjaga kesehatan otot serta kulit. Selain itu vitamin E berperan dalam proses metabolisme.
  • Pro-vitamin A berperan dalam pertumbuhan tulang, rambut, tulang dan mata pada anak-anak.
  • Kandungan mineral seperti kalsium dan zat besi sangat diperlukan oleh tubuh. Kalsium berguna untuk perkembangan sel syaraf dan otak serta untuk pertumbuhan tulang dan gigi.
  • Vitamin K yang terkandung dalam sayuran hijau berperan penting dalam proses
  • pembekuan darah, pembentukan tulang, sertamencegah pembentukan batu ginjal.
  • Klorofil berfungsi sebagai pembersih alamiah. Antioksidan yang akan menetralkan radikal bebas sebelum menimbulkan kerusakan sel-sel pada tubuh.

Manfaat Sayuran Untuk Kesehatan Anak

Bayam 
merupakan salah satu sayur untuk anak yang sehat karena mengandung zat besi, kalsium, posfor, asam folat, vitamin C, vitamin B serta vitamin A. kandungan nutrisi tersebut sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, mencegah anemia dan perkembangan otak anak.
Wortel, kandungan vitamin A yang sangat tinggi dalam wortel sangat berguna untuk kesehatan mata. Selain itu, kandungan kalsium, posfor dan serat sangat bagus untuk kesehatan pencernaan anak, mencegah terjadinya alergi pada anak dan meningkatkan stamina. Wortel juga mengandung vitamin C yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh anak-anak.

Brokoli
Brokoli atau sering disebut juga brassica oleracea ialah salah satu jenis sayuran yang termasuk kedalam jenis sayuran kubis-kubisan. Brokoli merupakan tanaman yang berasal dari negara timur tengah yang sudah sejak lama dibudidayakan oleh masyarakat sekitar. Manfaat dari brokoli sangat banyak untuk kesehatan anak karena brokoli mengandung banyak vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan tubuh anak. Banyaknya kandungan vitamin C yang terdapat didalam brokoli membuat sayuran ini dapat dipercaya karena memilki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan anak. Salah satu manfaat brokoli ialah dapat mengatasi segala masalah penyakit lambung. Selain banyak mengandung vitamin C, brokoli juga mengandung vitamin A, asam folat, dan vitamin E. Brokoli sangat kaya akan kandungan asam folat dan kalsium. Brokoli sangat bagus untuk melancarkan pencernaan karena brokoli mengandung serat larut. Selain itu, brokoli juga bisa berguna sebagai anti oksidan karena mengandung sulforatan.

Tomat 
Tomat memiliki kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh anak, meskipun demikian banyak orang yang tidak menyukai tomat. Kandungan yang terdapat didalam tomat yaitu vitamin C, vitamin A, dan vitamin E, kandungan flavonoid, kalium, serta mineral yang memperkaya nutrisi terdapat didalam tomat. Tomat juga dapat meningkatkan nafsu makan anak dan meningkatkan imunitas (daya tahan tubuh) anak serta melancarkan penyerapan zat besi. Tomat sangat kaya akan vitamin C dan anti oksidan yang sangat bagus untuk tubuh anak.

Labu 
bermanfaat untuk pertumbuhan gigi dan tulang pada anak karena mengandung kalsium serta posfor. Labu mengandung banyak nutrisi, seperti Vitamin A dan Beta Carotene. Labu juaga mengandung Vitamin B, C, Kalsium, Zat besi, Asam folat, Serat, Karbohidrat, Potasium dan Protein.



Jagung 
kaya akan kandungan posfor dan karbohidrat untuk mencegah sembelit, meningkatkan nafsu makan dan menjaga kesehatan anak. Serat yang terdapat dalam jagung dapat membantu melancarkan dan menjaga kesehatan sistem pencernaan serta akan menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.
  
Manfaat jagung untuk kesehatan anak yaitu :
    . Dapat Memelihara Kesehatan Mata
Kandungan lutein dan antioksidan pada jagung dapat mencegah anak dari gangguan mata. Kandungan folat dan betakarotin pada jagung juga dapat mengoptimalkan kesehatan indrea penglihatan anak.
   . Sumber Kalori Yang Baik
Jagung yang berukuran sedang memiliki takaran kalori yang setara dengan buah apel. Kandungan karbohidrat yang berada didalam jagung membuat anak tidak mudah cepat lapar. Oleh sebab itu, manfaatkan jagung dengan baik dan nutrisi yang terdapat didalam jagung sebagai kudapan anak.
   . Memperlancar Sistem Pencernaan
Jagung kaya akan serat yang dapat memperlancar sistem pencernaan pada anak sehingga anak terhindar dari sembelit. Dengan begitu, kesehatan usus anak dapat terpelihara dengan baik. Perlu orang tua ketahui, mengonsumsi satu porsi jagung dapat memenuhi kebutuhan 10 persen serat setiap hari pada anak.

Bit 
kandungan vitamin A yang terkandung dalam bit akan membantu dalam meningkatkan sel darah merah, melancarkan pencernaan anak dan mencegah penyakit anemia, Menjaga imunitas tubuh anak. Kandungan vitamin C yang tinggi pada bit sangat bermanfaat untuk tubuh anak. Manfaat bit ialah untuk merangsang kerja imunitas atau kekebalan tubuh anak. Hal ini didapat dari Vitamin C sebagai Antioksidan.

Mentimun 
dapat mencegah kelebihan berat badan (obesitas) pada anak. Selain itu juga mentimun dapat memperlancar pencernaan anak dan bisa meredakan demam. Mentimun sanagat kaya akan kandungan flavonoid dan polifenol.



Seledri 
ialah sayuran hijau yang memiliki aroma segar, seledri banyak sekali memiliki manfaat untuk tubuh anak. Kandungan dalam sayuran seledri sangat baik dan penting untuk anak anda. Seledri mampu mengurangi bahkan menghindari peradangan akibat adanya infeksi di tenggorokan. Seledri juga bisa membuat anak obesitas, karena serat yang terkandung didalamnya membutuhkan yang cukup lama untuk dicerna tubuh anak, sehingga membuat anak selalu merasa kekenyangan. Sayuran seledri mengandung vitamin yang cukup banyak. 100 gram seledri memiliki kandungan 494 IU vitamin A. Semakin berwarna hijau daun seledri, maka semakin tinggi kandungan dari vitamin Adari seledri. Selain memiliki vitamin A, seledri juga memiliki vitamin lain yang terkandung didalam daun seledri, diantaranya ialah Vitamin C, B1, dan juga B2 yang sangat baik untuk tubuh anak.

Beberapa jenis-jenis sayuran sehat untuk anak diatas bisa anda jadikan sebagai makanan sehat umtuk anak untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya. Mengandung berbagai  macam nutrisi dalam sayuran memang sangat bagus untuk kesehatan dan perkembangan anak-anak. Pertumbuhan serta perkembangan anak usia dini masih sangat rentan terhambat apabila asupan gizi atau nutrisinya tidak diperhatikan dan di jaga dengan baik. Maka dari itu perhatian untuk anda sebagai orang tua sangat di butuhkan dalam menjaga gizi anak-anak anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar