Jumat, 17 Maret 2017

7 Cara Menjaga Kesehatan Anak


Anak memang lebih mudah terkena penyakit dibandingkan orang dewasa. Salah satun penyebabnya ialah kurangnya pemahaman pada anak untuk menjaga kesehatannya. Sebagai contoh seorang anak tetap merasa nyaman bermain dengan teman atau saudaranya yang sedang sakit. Seorang anak tetap suka minum es walaupun ia sedang tidak sehat. Oleh karena itu sebagai orang tua kita harus pandai-pandai menjaga kesehatan si buah hati agar tidak mudah terserang penyakit.

Untuk menjaga kesehatan anak sebenarnya tidaklah susah kalau dibandingkan merawat anak disaat ia sedang sakit. Ada 7 cara sederhana yang dapat orang tua lakukan untuk menjaga agar anak kuat ketika menghadapi serangan penyakit.
Berikut ini 7 cara mudah untuk menjaga kesehatan anak ialah :
     1. Berilah Makanan Yang Bergizi

Makanan yang bergizi tidak harus mahal. Berilah anak nasi ditambah dengan sayuran yang masih segar, bukan sayuran kemarin atau sayuran yang sudah dipanasi. Karena sudah cukup dianggap sebagai makanan yang bergizi. Biasakan anak suka makan sayur agar tubuhnya tetap sehat. Berbagai sayuran mempunyai vitamin, dan berbagai zat yang baik yang dibutuhkan oleh tubuh anak.
     2. Berilah Buah Pada Anak
Hampir semua jenis buah memiliki nilai gizi yang baik untuk anak. Buah-buahan tersebut tidak harus mahal, contohnya seperti : pisang, jeruk, apel sangat baik untuk kesehatan anak. Bila anak kurang suka makan buah maka hidangkan buah tersebut dalam bentuk jus. Bila tidak memiliki alat untuk membuat jus maka parut saja buah tersebut dan ambil air sarinya saja. Sebagai catatan buah yang mudah dikunyah seperti pisang dan pepaya bisa diberikan secara langsung, sementara jeruk sebaiknya diperas saja.
      3. Istirahat YangCukup

Seorang anak masih harus memiliki waktu tidur siang dan malam. Biasakan disiang hari anak harus tidur minimal 1 jam dan malam minimal 8 jam. Dengan waktu istirahat yang cukup, tubuh anak dapat kembali memperbaiki dirinya dan melawan segala gangguan penyakit yang masuk ke tubuh anak. Anak yang kurang tidur biasanya mudah rewel dan juga mudah cepat sakit.
        4. Berilah Madu Pada Anak
Khasiat madu ialah sebagai obat alami untuk menjaga kesehatan tubuh anak, madu memang telah terbukti untuk menjaga kesehatan tubuh. Berilah madu secara rutin kepada anak akan membuat anak lebih sehat dan tahan terhadap serangan penyakit.
        5. Bersihkan Kamar Anak

Secara periodik bersihkan kamar anak, seperti mengganti sprei dan sarung bantal guling minimal seminggu sekali dan bersihkan kamarnya dari benda-benda yang tidak berguna. Sapulah lantainya sehari dua kali dan pel 2 kali seminggu. Dengan demikian kamar anak tetap bersih dan dan nyaman untuk anak.
         6. Buatlah Anak Senang

Terus menerus mengurung anak di rumah sekalipun disediakan berbagai macam mainan akan membuat ia bosan. Ajaklah anak jalan-jalan keluar rumah agar hatinya senang. Menyenangkan anak tidak harus mengeluarkan biaya mahal, ajak anak naik motor ke keramaian atau naik sepur kelinci akan membuat hatinya berbunga-bunga. Pikiran yang bahagia secara tidak langsung juga akan membuat si kecil lebih sehat.
          7. Jangan Melindungi Terus

Membiarkan anak bermain tanah atau air akan membuat tubuhnya ‘mengenal’ berbagai kuman, virus, atau bakteri. Dari pengenalan itulah tubuh akhirnya mampu menghasilkan antibodi untuk melawan kuman, virus, atau bakteri tersebut. Dengan demikian anak tidak akan mudah sakit. Hal ini berbeda dengan anak yang selalu dijaga terus. Tubuhnya tidak mampu ‘melawan’ jika ada penyakit datang karena tidak pernah ‘berkenalan’ dengan sumber penyakit.
Namun perlu diingat sebagai orang tua kita tetap memberikan rambu-rambu sampai sejauh mana anak boleh bermain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar