Senin, 03 April 2017

MANFAAT IKAN LAUT UNTUK KESEHATAN ANAK



Untuk semua orang tua pasttinya ingin memiliki anak yang tumbuh dan kembang yang sehat. Perlu anda ketahui, banyak  sekali manfaat dari ikan dan makanan sehat untuk anak di antaranya yaitu dapat memperlancar masa pertumbuhan dan juga perkembangan tubuh dan otak anak, sehingga anak akan tubuh sehat dan pintar. Didalam daging ikan terdapat berbagai nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh anak. Didalm daging ikan terdapat sumber protein hewani yang sangat tinggi untuk perkembangan otak anak.

Kandungan Ikan Laut Untuk Anak

Berikut ini merupakan beberapa kandungan yang terdapat didalam daging ikan diantaranya yaitu :

1.      Kandungan Protein
Kandungan protein yang terdapat didalam daging ikan memiliki serat yang lebih dikit, sehingga tubuh dapat lebih mudah untuk mencerna dan menyerap kandungan protein tersebut. Terutama bagi anak yang masih balita, system pencernaannya masih sangat lemah sehingga membutuhkan makanan yang tepat dan mudah untuk dicerna yaitu seperti daging ikan. Kandungan protein hewani  yang terdapat didalam daging ikan sangat penting dalam mempercepat proses pertumbuhan sel-sel oatak pada balita, sehingga balita akan tumbuh sehat dan pintar.

2.      Kandungan Asam Lemak Yang Tinggi
Tidak hanya akan kaya kandungan proteinnya, daging ikan juga kaya akan kandungan asam lemak yang sangat baik untuk anak. Kandungan asam lemak yang terdapat didalam daging ikan dikenal dengan Omega 3. Kandungan asam lemak Omega 3 mampu untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan otak pada anak, dapat menjaga dan meningkatkan system imun sehingga anak akan kebal terhadap serangan penyakit seperti yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

3.      Kandungan Makronutrien
Daging ikan tidak hanya memiliki makronutrien saja, tetapi juga kaya akan kandungan mikronutrien yang sangat penting dan dibutuhkan dalam tubuh anak dalam proses tubuh kembang anak. Kandungan yang terdapat didalam daging ikan yaitu kaya akan Vitamin D yang sangat baik untuk membantu proses perumbuhan tulang anak. Didalam daging ikan juga terdapat Vitamin B Kompleks yang berfungsi sebagai metabolism dalam tubuh untuk dapat menghasilkan energi dalam tubuh anak. Selain itu, kandungan Zat Besi mampu meningkatkan sel darah merah, sehingga seluruh organ dalam tubuh anak dan terutama otak anak dapat tercukupi kebutuhan nutrisi dan juga oksigen yang baik untuk anak.

4.      Kandungan Vitamin
Kandungan vitamin yang terdapat didalam ikan laut dapat menjaga kesehatan mata dan mencegah kebutaan pada anak. Kandungan Vitamin D sangat berperan dalam pertumbuhan dan menjaga kekuatan tulang anak. Kandungan Vitamin B Kompleks yang menguntungkan untuk menghasilkan energi, membantu metabolisme, karbohidrat, jantung sehat, melindungi terhadap kanker, mecegah migrain, mencegah katarak, menurunkan kolestrol, mengurangi depresi, mengurangi gangguan pada sendi, membantu system saraf dan metabolisme mengurangi alergi dan kelelahan, membantu dalam pembentukan hormon, membantu pembentukan sel darah merah dan mengurangi hipertensi dan asma.

5.      Kandungan Mineral
Kandungan mineral yang terdapat didalam daging ikan laut dapat membantu menjaga kesehatan anak. Zat besi dapat mencegah amnemia, sedangkan kandungan yodium ddapat mencegah penyakit gondok dan pertumbuhan anak dan menungkatkan kecerdasan otak anak. Kandungan selenium dapat membantu metabolisme tubuh anak, sebagai anti oksidan dan mencegah penyakit degenerative. Kandungan Vitamin E dapat membantu elastisitas pada jaringan tubuh anak sebagai dapat mencegah terjadinya Penuaan Prematur . Kandungan seng dapat membantu pembentukan enzim dan hormone dalam tubuh anak. Dan manfaat kandungan Fluor untuk memperkuat dan menyehatkan gigi anak.

Manfaat Ikan Laut Untuk Kesehatan Anak
Ikan merupakan salah satu makanan yang akan kaya sumber proteinnya. Byak orang menyebutkan bahwa Ikan Laut sebagai makanan pintar. Hal ini disebabkan bahwa kandungan yang terkandung didalam ikan laut mengandung zat yang disebut sebagai Omega 3 yang mampu untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Banyak orang lebih memilih untuk mengonsumsi ikan laut dari pada mengonsumsi ikan air tawar.



Nutrisi Ikan Laut

Dibandingkan dengan ikan air tawar. Kandungan gizi yang terdapat didalam ikan laut lebih banyak dibandingkan dengan ikan air tawar. Ikan laut memiliki kemampuan untuk mempertahankan suhu tubuhnya. Fungsinya ialah agar lemak tubuh tetap dalam keadaan cair jika berada didalam air laut. Adanya kemampuan tersebut membuat kandungan Omega 3 yang lebih tinggi. Kandungan yang utama dari ikan laut ialah zat makro molekul tubuh, misalnya seperti protei tinggi, lemak, vitamin dan mineral.


Manfaat ikan laut untuk anak dapat rasakan jika setiap hari jika mengonsumsi secata teratur. Beberapa diantaranya :

       . Mengatasi Masalah Sistem Pencernaan
Protein pada ikan berbeda dengan protein yang ada pada manfaat dagin yang lainnya seperti daging sapi, daging ayam atau daging kambing. Serat yang terdapat pada ikan hanya meiliki rantai penyusun protein yang pendek. Sehingga penyerapan dapat lebih cepat dan lebih mudah. Tentu saja hal ini tidak memberatkan kinerja pada usus halus, sehingga dapat membantu proses pada sistem pencernaan anak.
     
       . Merangsang Otak Anak
Dalam protein yang terdapat didalam ikan, mengamdung zat yang mampu merangsang petumbuhan otak anak, zat tersebut dapat dikenal dengan taurine yang bekerja dengan baik untuk merangsang sel otak yang masih dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Zat lain yang mampu merangsang perkembangan otak anak ialah asam lemak Omega 3. Karena sebagian besar otak manusia mengandung Omega 3, sehingga dapat dipercaya untuk membantu perkembangan sel otak anak. Anak yang diberi minyak ikan akan memiliki daya ingat yang lebih kuat pada anak.
       
       . Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anak
Bayi dan balita masih sangat rawan terkena berbagai penyakit. Oleh karena itu, orang tua perlu ekstra hati-hati dalam menjaga kondisi anak agar tetap stabil. Salah satunya yaitu dengan mengonsumsi asam lemak Omega 3 yang banyak terdapat didalam manfaat ikan laut. Salah satu manfaat dari ikan laut ialah untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kondisi tubuh anak. Sehingga anak tidak mudah terserang oleh berbagai penyakit.

      . Menjaga Kesehatan Mata Anak
Salah satu fungsi penting yang terdapat manfaat pada ikan laut ialah untuk menjaga kesehatan mata. Bukan hanya itu saja, ikan laut juga dapat membantu mencegah kebutaan pada mata anak. Hal ini disebabkan karena didalam ikan laut terdapat banyak manfaat vitamin A dan vitamin B komplek yang bagus untuk menjaga kesehatan mata anak.

         . Membantu Untuk Pertumbuhan Anak
Ikan juga dapat berperan dalam proses pembentukan tulang anak. Kandungan vitamin D yang terdapat didalam ikan laut, membantu untuk menjaga kekuatan tulang anak. Makanan jenis ini sangat cocok dikonsumsi untuk anak yang masih dalam tahap pertumbuhan.

          . Membantu Menghasilkan Energi Anak
Selain lemak dan karbohidrat, terkandung zat lain yang membantu menghasilkan energy pada tubuh anak. Salah satunya ialah kandungan vitamin B kompleks. Manfaat lainnya yang dihasilkan oleh vitamin ini ialah dapat membantu proses metabolism karbohidrat pada tubuh anak. Kandungan tersebut terdapat didalam ikan laut. Baik untuk anak yang memilki banyak aktivitas.

1 komentar: